Informasi Penting Kehamilan Yang Harus Diketahui

Spread the love

Untuk yang pertama kalinya hamil dan mungkin bagi yang sedang merencanakan kehamilan. Tentunya masih penasaran bagaimana rasanya hamil. Dan banyak informasi-informasi dari pengalaman orang yang sudah pernah hamil. Pastinya kehamilan pertama akan sangat spesial. Segala sesuatunya telah dipersiapkan dengan baik seperti perlengkapan bayi hingga persiapan nama bayi yang dirancang dengan sebaik-baiknya.

Penasaran Akan Kehamilan Pertama

Supaya kehamilan pertama tidak bingung maka harus mencari informasi yang sebanyak-banyaknya mengenai kehamilan yang penting untuk diketahui. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah seperti apa nanti rasanya pada saat hamil. Dan apa saja yang harus dilakukan pada saat hamil. Mungkin saja seseorang memang sedang berniat untuk menjalani program kehamilan atau mungkin baru saja tahu bahwa sedang hamil. Beberapa jawaban dari pertanyaan tersebut tentunya akan didapatkan dari orang tua, teman atau saudara yang pernah hamil sebelumnya.

Informasi Mengenai Kehamilan

Berikut ini beberapa informasi penting pada saat hamil yang perlu di ketahui supaya akan lebih siap dalam menjalani kehamilan nantinya. Tentunya dengan mempersiapkan segalanya sebaik-baiknya termasuk mental, fisik diri sendiri dan juga kesehatan bayi nanti dan tak lupa nama bayi yang baik untuk anak yang akan dilahirkan nantinya.

  1. Pertanda Hamil

Pertanda utama ketika sedang hamil yaitu tidak mengalami menstruasi. Selain itu di dukung dengan tanda-tanda lainnya dari seseorang yang mengalami kehamilan seperti mual hingga muntah, nyeri pada payudara, mengalami rasa lelah, dan sering buang air kecil. Ada juga tanda yang kadang terjadi pada ibu hamil seperti mengalami pregnancy glow atau perubahan pada kulit. Apabila terjadi tanda-tanda tersebut maka bisa jadi sedang mengalami hamil dan perlu di cek menggunakan test pack.

  1. Mengetahui Usia Kehamilan

Untuk dapat mengetahui hari pertama hamil memang tidak ada cara yang pasti. Namun sering kali dokter menentukan hari lahir dengan menggunakan tanggal pertama ketika menstruasi terakhir kali. Maka pada saat sedang merencanakan program hamil maka jangan lupa mencatat tanggal berapa pertama kali menstruasi dan kapan terakhir kali berhubungan.

  1. Memeriksakan Kehamilan

Lakukan pemeriksaan kehamilan untuk menjaga kesehatan secara rutin untuk dapat memantau bagaimana kondisi janin berdasarkan jadwal yang diberikan dokter.

  1. Mengatasi morning sickness

Pada trismester pertama biasanya mengalami morning sickness. Namun dapat diatasi dengan makan sering dengan porsi sedikit, banyak minum air putih, ngemil makanan sehat, minum jahe hangat.

  1. Menghindari Makanan Tertentu

Untuk menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Namun tetap sehat dengan menghindari makanan seperti makanan setengah matang, mengonsumsi susu yang tidak di pasteurisasi dan sayuran serta buah yang belum di cuci, dan hindari makanan laut yang mengandung merkuri.

  1. Hati-hati Dalam Berhubungan

Berhubungan tidak berdampak buruk untuk kehamilan dan janin. Namun dengan posisi yang nyaman, dan sebaiknya tidak berhubungan dahulu ketika hamil.

  1. Tidur Dengan Posisi Nyaman

Ketika kehamilan usia 5 bulan maka tidak disarankan untuk tidur posisi terlentang. Akan tetapi menghadap ke sebelah kiri dan letakkan bantal yang dapat menyangga perut serta pinggang.

  1. Perhatikan tanda bahaya Pada Kehamilan

Ketika hamil maka perlu waspada jika mengalami hal seperti janin tidak bergerak, muntah berlebihan, perdarahan berat, demam, sakit kepala terus menerus, dan kontraksi sebelum waktunya.

Karena kehamilan adalah momen yang sangat spesial maka persiapkan dengan sebaik-baiknya sebelum hamil dan pada saat sedang mempersiapkan kehamilan dengan berbagai persiapan seperti menyiapkan nama bayi terbaik, menyiapkan perlengkapan dan informasi kehamilan lainnya.