Kandungan Alquran Tentang 8 Cara Mendapatkan Rezeki

Spread the love

Allah telah memberikan petunjuk kepada umat Nabi Muhammad saw yaitu Alquran sebagai pedoman hidup manusia dengan cara membaca dan memahami maknanya serta menjadi tahfidz Quran untuk dapat mengamalkan kandungan isi Alquran.

8 Firman Allah Tentang Rezeki Di Al-Quran

Salah satu dari pedoman yang ada di dalam Alquran adalah tentang jalan mendapatkan rezeki, berikut adalah 8 cara mendapatkan rezeki yang terkandung dalam Alquran:

  1. Rezeki Yang Telah Terjamin.

Dalam surat (Hud 11:6), Allah SWT telah berkata dan menjamin rezeki untuk semua makhluk hidup di muka bumi ini yang bernafas. Allah SWT juga mengetahui tempat penyimpanan dan juga dimana rezeki itu berada. Inilah janji Allah pada umatnya bahwa setiap makhluk hidup di muka bumi ini memang sudah dijamin rezekinya.

  1. Rezeki Karena Bekerja.

Pada surat (An-Najm 53:39) Allah SWT berfirman bahwa rezeki seorang makhluk juga bisa didapatkan dengan cara usaha atau bekerja. Artinya, seorang makhluk akan mendapatkan rezeki sesuai dengan apa yang dilakukannya (pekerjaan).

Pada hakikatnya sebagai manusia untuk mendapatkan rezeki yang telah ditetapkan bukan berarti kita berdiam diri tanpa melakukan usaha apa pun, melainkan kita harus mencari rezeki itu sebagai ikhtiar kita dalam mendapatkan rezeki. Namun, semua hasil ikhtiar yang telah kita lakukan kembali lagi kita pasrahkan dengan berdoa dan meminta rezeki kepadanya.

  1. Rezeki Karena Bersyukur.

‎Pada surat (Ibrahim 14:7), ayat ini sangat terkenal dibawakan oleh penceramah-penceramah kondang di televisi. Arti dari ayat tersebut adalah Allah SWT telah menjanjikan pada umatnya bahwa Allah akan melipatgandakan rezeki umatnya jika mereka bersyukur. Jika ada yang mengingkari rezekinya, maka Allah akan memberikan azab yang sangat pedih.

Besar maupun kecil setiap rezeki yang kita dapatkan harus kita syukuri, akan membuka pintu rezeki kita semakin lebar dan tidak menjadikan kita sebagai hamba yang kufur akan nikmat, karena seseorang yang kufur nikmat hanyalah murka Allah yang akan ia dapatkan.

  1. Rezeki Tidak Terduga.

Pada surat (At-Talaaq : 2-3) Allah SWT juga telah menjanjikan rezeki dari arah yang tidak terduga-duga. Arti dari ayat tersebut adalah Allah akan memberikan rezeki dari arah yang tidak terduga pada umatnya yang bertakwa dan yakin kepada-Nya.

Apakah kalian pernah mengalami perihal kebutuhan yang mendesak? Sedangkan selama ini kita selalu berusaha keras untuk mendapatkan rezeki yang telah kita rencanakan. Namun hal yang kita harapkan tak kunjung datang, akan tetapi secara tak terduga datang rezeki dari jalan lain yang mencukupi kebutuhan kita, begitulah gambaran contoh dari sebuah rezeki yang tak terduga Allahu ‘alam.

  1. Rezeki Karena Istighfar.

Pada surat (Nuh : 10-11), Allah SWT berfirman yang artinya setidaknya adalah dengan beristighfar kepada-Nya, maka Allah akan menurunkan hujan yang sangat lebat dan juga memperbanyak harta umatnya yang beristighfar tersebut.

Ingatlah selalu akan segala dosa dan khilaf kita kepada Allah karena kita sebagai makhluk dengan hawa nafsu, dengan disengaja ataupun tidak, kita selalu diselimuti oleh kesalahan. Maka dari itu senantiasalah kita memohon ampunan Allah akan segala salah dan dosa yang kita perbuat niscaya Allah membukakan pintu rezekinya kepada hambanya yang mau bertaubat.

  1. Rezeki Karena Menikah.

Pada surat (An-Nuur 24:32) Allah telah menjanjikan rezeki yang melimpah pada hambanya yang menikah. Allah berfirman di Al-Quran untuk menikahkan para bujang dan para perawan yang ada di muka bumi. Jika mereka miskin, maka Allah akan mengkayakan mereka dengan rahmat dan limpahan karunia-Nya.

  1. Rezeki Karena Anak.

Surat (Al-Israa’ : 31) menjelaskan bahwa mempunyai anak juga adalah sebuah rezeki. Ada sebuah istilah orang zaman dahulu bahwa “banyak anak banyak rezeki” hal itu berkaitan dengan jalan rezeki karena anak, jika selama ini kita sebagai orang tua tanpa sadar diberikan kemudahan rezeki, pekerjaan yang menjanjikan maupun usaha yang lancar, terdapat andil dari rezeki yang dititipkan Allah untuk anak kita.

Kita sebagai orang tua pun harus pintar mengolah karunia yang Allah berikan, tentunya anak dan rezeki adalah titipan, sebuah kewajiban bagi orang tua untuk memanfaatkan rezeki kita memberikan mereka fasilitas untuk mencari ilmu dan menuntun anak kita menjadi anak yang soleh, terlebih lagi mendorong mereka menjadi tahfidz Quran, sungguh luar biasa jikalau kita mampu mewujudkannya.

  1. Rezeki Karena Sedekah.

Pada surat (Al-Baqarah : 245) Allah SWT menjanjikan pada orang yang suka bersedekah rezeki yang melimpah.

Itulah beberapa ulasan tentang 8 cara mendapatkan rezeki yang terkandung dalam Alquran, sudah sewajarnya kita sebagai manusia harus berpegang  teguh kepada Alquran, jangan sampai lupa untuk membacanya, lupa untuk mengamalkannya jadilah tahfidz Quran agar jalan hidup kita berada di jalan yang benar. Terkadang kita sibuk sampai lupa waktu hanya untuk mencari dunia sedangkan dunia hanyalah bagian kecil dan fana, sampai lupa ibadah, lupa Allah dan lupa tentang panduan hidup kita di dunia yaitu Alquran.