Menjaga Keseimbangan Kerja dan Hidup di Era Digital

Spread the love

Bekerja adalah kewajiban setiap orang, khususnya bagi mereka yang sudah menginjak usia dewasa. Tujuan bekerja tidak lain adalah untuk mendapatkan uang. Setiap pekerjaan memiliki beban kerja yang berbeda-beda. Semakin besar beban kerja, biasanya gaji yang diperoleh juga semakin banyak.

Perkembangan teknologi membawa dampak yang sangat besar bagi dunia kerja. Pekerjaan menjadi semakin mudah dan semakin cepat dilakukan. Bahkan, setiap instansi perkantoran saat ini sudah menggunakan sistem dan software yang sangat mempercepat pekerjaan dan komunikasi di kantor.

Tips Menjaga Keseimbangan Kerja dan Kehidupan

Kebanyakan orang sangat giat bekerja dan lupa akan kewajiban lain seperti mengurus anak dan memperhatikan keluarga. Di era digital dan serba teknologi saat ini, banyak sekali pekerjaan yang membuat pikiran stress. Agar kehidupan Anda seimbang antara pekerjaan dan kesehatan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah:

  • Aktivitas fisik

Dalam dunia perkantoran, sebagian besar pekerjaan dilakukan di depan komputer dan duduk dalam waktu berjam-jam. Kegiatan seperti ini yang dilakukan secara terus-menerus dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan peregangan dan perbanyak aktivitas fisik. Anda bisa melakukan dengan cara jalan-jalan di kantor, naik turun tangga ataupun yang lainnya. Jangan biarkan tubuh Anda dalam posisi yang sama selama berjam-jam.

  • Mengedipkan mata

Mengedipkan mata adalah hal yang sangat penting. Paling tidak, setiap 30 menit sekali setelah bekerja di depan komputer, kedipkan mata Anda. Anda juga bisa mengalihkan dunia Anda ke pemandangan yang lain. Hal ini akan membuat mata Anda sejenak beristirahat.

  • Tinggalkan barang-barang elektronik

Pengaruh barang elektronik sangat besar bagi kesehatan. Sejenak tinggalkan barang-barang elektronik Anda untuk mengurangi radiasi dari benda-benda elektronik yang membuat pikiran Anda stress. Jangan terlalu sering menggunakan benda-benda elektronik secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

  • Luangkan waktu santai

Dalam dunia kerja pasti ada waktu istirahat. Manfaatkan waktu istirahat tersebut sebaik-baiknya. Pastikan Anda makan makanan yang bergizi dan sedikit melakukan peregangan atau berbaring setelah menjalankan ibadah shalat duhur.

  • Bekerja secara produktif

Maksud bekerja produktif disini adalah menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Jangan terlalu lama dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal tersebut akan membuat Anda semakin stress dan merasa pekerjaan tidak ada ujungnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan selama bekerja. Tuntutan kerja yang semakin berat memang membuat stress bahkan sampai depresi. Manajemen diri dan manajemen waktu sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan pekerjaan dan hidup di zaman yang serba digital ini.

Refresh Pikiran dengan Liburan

Era digital yang serba elektronik memang membuat pekerjaan semakin mudah. Namun, mobilisasi semakin sedikit dan semakin banyak duduk terlalu lama. Untuk itu, Anda harus bisa mengatasi hal itu semua. Cara lain untuk mengatasi hal tersebut adalah menambah hiburan. Hiburan dan liburan adalah hal yang sangat penting untuk merefresh pikiran. Anda akan merasa lebih relaks dan santai. Jadi, sempatkan liburan ditengah-tengah kesibukan Anda. Anda bisa juga melakukannya dengan cara bersantai bersama keluarga sambil nonton dan bercanda bersama.

Pikiran yang terlalu berat akan membuat psikis Anda menurun. Jika psikis menurun, kekebalan tubuh bisa menurun dan penyakit akan mudah hinggap di tubuh Anda. Dampak akhirnya adalah Anda akan jatuh sakit. Untuk itu, kembangkan rasa enjoy dan happy dengan pekerjaan Anda.