Minim Budget? Ini Tips Saya Mempersiapkan Dana Liburan Akhir Tahun

Spread the love

Liburan akhir tahun mungkin adalah salah satu rutinitas yang wajib Anda lakukan ketika pergantian tahun. Setiap pekerjaan biasanya memberikan waktu cuti yang lumayan lama ketika akhir tahun. Tidak heran jika banyak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur bersama keluarga. Masalah utama yang sering menjadi kendala ketika liburan adalah budget.

Bagi Anda yang memiliki penghasilan berlebih, budget mungkin tidak menjadi masalah. Namun, bagi kalangan menengah ke bawah, budget adalah hal paling utama dipikirkan ketika hendak pergi berlibur. Walaupun minim budget, Anda tentu tetap ingin liburan bukan? Yap, minim budget bukanlah hal yang membuat Anda gagal berlibur.

Tips Liburan Low Budget

Untuk mengatasi liburan yang serba mahal atau membutuhkan banyak uang, Anda bisa mengatasinya dengan banyak cara. Di zaman milenial yang serba dengan teknologi ini banyak hal yang bisa mendatangkan uang. Sebelumnya, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut:

  • Tentukan destinasi tujuan yang tidak memberatkan

Maksud tidak memberatkan disini adalah tidak memberatkan keuangan Anda. Sebelumnya, Anda harus mempunyai taget budget yang mampu Anda keluarkan untuk liburan. Setelah itu, pilihlah tujuan wisata yang sesuai dengan budget Anda. Tidak masalah jika liburan Anda hanya ke kota tetangga, atau bahkan masih dalam satu kota.

  • Membuat rekening liburan

Rekening liburan ini secara tidak langsung adalah tabungan liburan Anda. Jika tidak dipisah, uang Anda bisa habis tidak terasa untuk berbelanja ataupun kebutuhan lainnya. Pisahkan rekening dan sisakan uang Anda untuk menabung.

  • Jangan pikirkan oleh-oleh

Tidak dipungkiri, oleh-oleh menjadi salah satu tujuan ketika liburan. Namun, jika budget Anda sangat minim, lebih baik lupakan budget untuk membeli oleh-oleh. Perlu Anda ketahui, justru budget oleh-oleh adalah budget yang paling tinggi. Belum lagi oleh-oleh di tempat wisata biasanya dibanderol dengan harga sangat mahal.

  • Pikirkan transportasi dan akomodasi dari jauh hari

Membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan akan menekan budget Anda. Harga tiket cenderung akan lebih murah. Selain itu, akomodasi selama liburan juga harus dipikirkan agar bisa dirincikan sejak dini.

  • Menentukan lamanya liburan

Waktu dan lamanya liburan harus direncanakan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Semakin lama waktu liburan Anda, maka akan semakin banyak budget yang dikeluarkan.

Mencari Pekerjaan Tambahan Guna Menambah Pemasukan

Setelah menerapkan tips di atas, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mencari tambahan uang? Untuk menambah penghasilan, Anda tentu harus mencari pekerjaan tambahan. Jika Anda hanya mengandalkan pekerjaan utama, budget tersebut hanya akan bisa menutupi kebutuhan Anda sehari-hari. Anda bisa mencoba menjadi blogger, vlogger, fotografer bahkan youtuber. Penghasilan dari pekerjaan tersebut sangatlah besar. Namun, Anda memang membutuhkan modal yang cukup banyak untuk membeli peralatan guna mendukung pekerjaan.

Ada salah satu pekerjaan yang membuat liburan Anda semakin murah, yakni menjadi tour leader. Tour leader dadakan ini bisa Anda coba. Anda bahkan bisa berlibur gratis dengan mendampingi rombongan yang hendak berwisata. Namun, menjadi tour leader dadakan bukanlah hal yang mudah. Jarang sekali ada pembukaan lowongan tour leader dadakan, terutama di kota-kota kecil.

Sebenarnya kunci utama bisa berlibur dengan budget yang murah adalah berhemat dan menabung. Menabung sebelum berangkat dan berhemat ketika sedang berlibur. Jangan kalap dengan oleh-oleh yang ada di tempat wisata. Jangan tergiur dengan penginapan yang mahal ataupun liburan mewah.