Pengertian Ruang Lingkup Ekologi dan Ekosistem Dalam Sains

Spread the love

Dimanakah Anda sering melihat para petani bekerja di ladang atau sawahnya ? Ya betul, kita sering kali melihat para petani melakukan kegiatan di ladang atau sawahnya yakni didaerah pedesaan dan disana juga binatang dapat memenuhi rantai makanan di sawah. Mengapa mayoritas penduduk Pedesaan Bekerja sebagai petani? Karena kondisi di Pedesaan sangat jauh berbeda dengan Perkotaan.

Di kota kita akan lebih banyak melihat gedung-gedung tinggi, megah dan besar, serta Mall yang pastinya ada di setiap Kota. Di pedesaan Petani mulai pagi hingga sore bekerja untuk menghasilkan bahan pangan yang nantinya bisa di gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik pribadi ataupun orang lain dengan cara menjualnya.

Pengertian Ekologi dan Ekosistem Beserta Ruang Lingkupnya

Tahukan Anda bahwa secara tidak langsung para petani di pedesaan telah mempraktikkan sebuah ilmu tentang ekologi dan ruang lingkupnya.

Mereka memang mungkin tidak tahu bahwa sebetulnya hal setiap hari, kegiatan yang rutin dilakukan dari pagi hingga petang memiliki arti yang penting dalam dunia pendidikan sains. Kali ini kita akan membahas tentang ekologi, ekologi adalah ilmu yang mempelajari  interaksi antara organisme (makhluk hidup) dengan lingkungannya.

Organisme yang dimaksud adalah tanamannya sedangkan lingkungan dimaksud adalah seperti tanah, air, unsur hara, udara, dan sebagainya. Untuk menghasilkan sebuah tanaman/panen berupa sandang (makanan pokok) yang berkualitas maka perlu adanya tindakan yang tepat dilakukan.  Tahukan Anda bahwa dalam proses panen dan kegiatan disawah juga mempengaruhi beberapa makhluk hidup untuk bertahan hidup, seperti yang  terjadi pada tikus, belalang, dan ular yang sudah pasti dijumpai oleh para petani, selain itu juga kita pelajari di Sekolah berkaitan dengan materi belajar rantai makanan di sawah.

Asal Mula Kata Ekologi Dan Ekosistem

Faktor lain yang dapat menunjang keberhasilan suatu panen petani adalah seorang petani harus mampu mengetahui jenis tanah, unsur hara dan suhu yang cocok dan pas dengan kondisi di wilayahnya. Sehingga sangat tidak memungkinkan jika harus menanam dan melakukan mata pencarian yang sama. Misalnya untuk warga yang tinggal di pesisir sangat tidak memungkinkan untuk menanam tanaman strawberry, kangkung , sawi dll di sekitarnya.

Agar memahami semua itu kita perlu mempelajari ilmu tentang ekologi. Apakah yang dimaksud dengan ekologi ? Ekologi yang dimaksud disini adalah interaksi organisme (binatang laut) dengan lingkungannya (air).

Ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos dan logos. Oikos artinya tempat tinggal sedangkan logos artinya ilmu pengetahuan. Jika digabungkan menjadi

Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Selanjutnya kita akan membahas tentang ekosistem, ekosistem adalah hubungan ketergantungan makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya serta lingkungan sekitarnya, atau dapat disebut juga ekosistem adalah tempat hidup makhluk hidup. Seperti saat kita pergi ke kebun binatang, ke sungai, laut, pegunungan, dan hutan. Iya itu merupakan contoh dari sebuah ekosistem air merupakan lingkungan tempat hidup makhluk hidup seperti ikan, udang, kuda laut, dan masih banyak lainnya hewan yang hidup dilaut.

Agar lebih jelasnya lagi perbedaan antara ekologi dan ekosistem perhatikan penjelasan di bawah ini:

  • Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme (makhluk hidup) dengan lingkungannya
  • Ekosistem adalah hubungan ketergantungan makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya serta lingkungan sekitarnya, atau dapat disebut juga ekosistem adalah tempat hidup makhluk hidup.

Cukup sekian semoga dapat membantu yang membacanya, dan jangan lupa untuk tetap belajar dalam segala hal dan mencari beragam informasi yang memang sekiranya perlu untuk dicari seperti salah satunya materi pelajaran tentang rantai makanan di sawah.