Ketahui 8 Makanan Tradisional Khas Jawa Paling Enak dan Favorit

Spread the love

Pernahkah Anda membayangkan nikmatnya berwisata ke Bromo dengan menggunakan layanan sewa Jeep dari cemoro lawang Probolinggo? Untuk Anda yang menyukai kegiatan petualangan tentu akan menyukai ide touring dengan menggunakan Jeep berkeliling wisata Bromo sambil mencicipi kuliner yang ada di sana.

8 Makanan Tradisional Jawa yang Terkenal Terenak dan Favorit

Gunung Bromo sendiri terletak tepatnya di Jawa Timur yang memiliki keindahan yang eksotis membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung kesana. Namun ternyata selain keindahan alam gunung Bromo yang menarik hati, wisatawan juga banyak yang ingin menikmati kuliner yang ada di pulau Jawa pada khususnya. Ada beberapa makanan tradisional khas Jawa yang rupanya banyak digemari oleh wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri.

  1. Nasi pecel khas Jawa Timur

Masakan tradisional ini berupa sayuran yang dikukus kemudian diberi potongan ketupat atau dengan nasi yang disiram dengan kuah sambal kacang. Lauk pendamping nasi pecel khas Madiun ini bisa berupa telor rebus dan kerupuk atau peyek yang gurih. Anda bisa mencari kuliner ini selagi menunggu layanan sewa Jeep dari cemoro lawang Probolinggo.

  1. Lumpia

Adalah jajanan pasar khas Semarang yang memiliki isian berupa rebung, daging ayam, daging sapi hingga seafood pun ada. Lumpia ini memiliki rasa yang gurih di dalam dan renyah di bagian kulitnya. Sangat lezat jika Anda menyantapnya dengan saus sambal yang nikmat.

  1. Gudeg

Masakan tradisional khas Jogja ini selalu menjadi tujuan kuliner para wisatawan yang datang berkunjung ke kota Jogja. Yaitu masakan yang terbuat dari buah nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula serta daun jati sebagai pewarna alami agar berwarna coklat. Yang unik dari gudeg adalah teknik memasaknya yang butuh waktu berjam-jam lamanya. Bahkan semakin lama gudeg akan semakin nikmat cita rasanya.

  1. Rawon

Masakan yang satu ini adalah khas dari Surabaya. Salah satu masakan berkuah yang lezat karena kaya akan aneka rempah khas Indonesia. Di dalam rawon Anda akan menemukan potongan daging sapi yang empuk, segenggam kecambah mentah yang renyah serta kuah hitam yang lezat. Biasanya rawon disajikan dengan nasi putih yang hangat.

  1. Gethuk

Olahan singkong yang satu ini bisa Anda temui di Indonesia tepatnya di dua daerah yaitu Yogyakarta dan Banyumas. Untuk gethuk yang ada di Yogyakarta biasanya diolah dengan cara direbus kemudian dihaluskan dan diberi pewarna makanan aneka macam warna. Untuk penyajian dilengkapi dengan taburan parutan kelapa yang diberi garam.

Sedangkan untuk gethuk yang ada di Banyumas akan Anda temui dalam bentuk digoreng. Rasanya pun beraneka macam rasa dari mulai original, strawbery hingga durian.

  1. Mie Ongklok

Sajian kuliner mie khas Wonosobo ini memang terlihat membuat siapa pun ingin mencobanya. Terlihat lezat disantap saat panas, mie Ongklok ini memang pas untuk disantap di suhu udara Wonosobo yang terkenal dingin. Dengan sajian kuah yang kental karena tambahan tepung kanji, Anda juga bisa menikmatinya dengan tambahan lauk pauk seperti sate usus, gorengan dan lainnya.

  1. Empal Gentong

Kuliner khas Cirebon ini juga sangat terkenal hingga mancanegara. Terbuat dari olahan daging empal yang dimasak dalam gentong atau kuali yang terbuat dari tanah liat. Proses memasaknya pun tak biasa yaitu dengan menggunakan kayu bakar. Kuah empal gentong yang kental dan lezat semakin menambah cita rasanya yang menyegarkan di tengah cuaca dingin.

Referensi Sewa Jeep Untuk Wisata Bromo Dari Probolinggo

Nah berikut ini adalah beberapa referensi untuk sewa Jeep dari cemoro lawang Probolinggo khusus Anda wisatawan yang datang dari arah Probolinggo tersedia dua jalur penjemputan. Yaitu jalur Cemoro Lawang dan Sukapura, untuk jalur Cemoro Lawang memiliki lokasi yang lebih dekat ke gunung Bromo ketimbang dari arah Sukapura. Anda bisa menginap di homestay atau hotel berbintang yang sesuai dengan budget Anda.

Sehingga tepat pada saat yang telah ditentukan bisa dilakukan penjemputan oleh driver Jeep yang Anda sewa untuk menuju sunrise point yang telah ditentukan. Sunrise point sendiri terdiri dari Pananjakan 1 atau 2, bukit Cinta atau bukit Kingkong. Sedangkan rute selanjutnya adalah Anda dijadwalkan untuk mengunjungi Kawah Bromo, Padang Savana dan Pasir Berbisik. Agar supaya wisata Anda lancar sebaiknya perhatikan area penjemputan, pastikan Anda siap sebelum dijemput driver. Biasanya jadwal penjemputan dilakukan dini hari agar supaya bisa mengejar sunrise yang menakjubkan. Demikian ulasan singkat tentang layanan sewa Jeep dari cemoro lawang Probolinggo.